Cara Mengobati Psoriasis Pada Kuku Dengan Bantuan Bahan Alami

Psoriasis merupakan penyakit kronis akibat sistem pertahanan tubuh, dengan kondisi bervariasi dari yang ringan hingga parah. Kondisi ini sebabkan tubuh memproduksi sel kulit secara berlebih. Psoriasis bisa muncul di manapun, di area tubuh, termasuk di kuku.

Sebetulnya, orang dengan penyakit autoimun psoriasis ini berisiko menderita psoriasis di kuku, yang bisa mengubah tekstur kuku di jari tangan atau kaki.

Psoriasis kuku memengaruhi hingga 50 persen orang yang menderita psoriasis dan 80 persen penderita dengan radang sendi psoriatis. Namun, seseorang yang tidak memiliki riwayat psoriasis juga dapat mengembangkan psoriasis kuku ini.

Cara Mengobati Psoriasis Pada Kuku

Salah satu tanda pertama psoriasis kuku adalah perubahan warna kuku. Warna kuku bisa berubah menjadi coklat, kuning, atau hijau.

Lalu gejala lainnya, seperti bintik merah atau putih kecil di bawah kuku, punggung kuku, gatal, terjadi penumpukan bahan berwarna putih di bawah kuku, penebalan kuku, dan kuku menjadi terpisah dengan kulit.

Orang dengan psoriasis kuku juga bisa mengalami infeksi jamur yang bisa sebabkan rasa sakit dan membuat kukunya rapuh, dan pada akhirnya rusak atau terlepas.

Pada kasus psoriasis parah, orang mungkin akan kesulitan menggerakan jarinya. Ini akan menyebabkan gangguan dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan juga jarinya akan terasa sakit ketika mengangkat beban.

Psoriasis kuku tidak selalu menimbulkan rasa sakit, hanya saja kondisi ini membuat tangan tidak enak dipandang. Di tulisan ini akan jelaskan bagaimana cara merawat dan mengobati psoriasis kuku di rumah dengan bantuan bahan-bahan alami.

Perawatan kuku yang baik

Untuk mencegah psoriasis kuku agar tidak berkembang dan sebabkan ketidaknyamanan, perlu sekali mempraktikan perawatan kuku yang baik. Dan sebetulnya, ini merupakan cara terbaik dan efektif untuk mengatasi psoriasis kuku.

Berikut perawatan kuku yang baik:

  • Jaga agar kuku tetap pendek. Kuku pendek dapat mengurangi risiko terkena infeksi.
  • Setelah memangkas kuku, gunakan selalu penghalus kuku, jelas gunakan untuk menghaluskan kuku-kuku yang telah dipotong.
  • Gunakan sarung tangan saat mencuci piring dan pekerja-pekerjaan rumah lainnya yang membutuhkan kontak tangan dengan bahan-bahan kimia.
  • Dianjurkan menggunakan sarung tangan katun dengan rangkap sarung tangan vinil.
  • Kenakan sepatu yang nyaman dengan cuku ruang untuk jari kaki.
  • Pastikan jari-jari kering sebelum memakai sarung tangan atau kaus kaki.
  • Jangan pakai cat kuku sepanjang waktu.

Minyak kelapa

Saat menderita psoriasis kuku, penting untuk menjaga kuku dan kutikula tetap lembab, utamanya setelah bersentuhan dengan air. Pelembab yang baik untuk melembabkan kutikula dan kulit sekitar kuku adalah minyak kelapa. Selain sebagai pelembab alami, minyak kelapa pula memiliki asam lemak rantai sedang yang fungsinya sebagai agen untuk mencegah infeksi kuku. Caranya:

Oleskan sedikit minyak kelapa ke kuku, kutikula dan kulit mati di dasar kuku jari Anda. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

Sebagai alternatif, campurkan 3 atau tetes minyak oregano dalam 1 sendok makan minyak kelapa mendidih. Setelah tercampur dan dingin oleskan sambil pijat ke kuku yang terinfeksi. BIarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali sehari selama beberapa minggu.

Gliserin

Gliserin ini adalah salah satu humektan terbaik yang bisa membantu menjaga kuku dan area sekitarnya tetap terhidrasi. Lakukan kiat-kiat ini terkait gliserin.

  • Campur gliserin dan air dengan ukuran yang sama.
  • Oleskan ke seluruh kuku dan kulit di sekitarnya.
  • Biarkan selama mungkin.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Lakukan ini 2 atau 3 kali sehari.

Lidah buaya

Psoriasis kuku sering menyebabkan kuku kering dan rapuh, kondisi seperti ini dapat Anda obati dengan lidah buaya.

Gel lidah buaya membantu mengisi dan mempertahankan kelembaban di kulit, mencegah kuku retak dan kemerahan pada kuku.

Ditambah, ia memiliki senyawa anti-inflamasi yang melawan peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara penggunaanya di bawah:

  • Buat lidah buaya dalam bentuk ekstraksi
  • Oleskan ke kuku dan area sekitarnya.
  • Biar selama mungkin, hingga benar-benar terserap.
  • Ulangi 3 atau 4 kali sehari.

Minyak pohon teh

Infeksi jamur adalah efek samping yang umum dari psoriasis kuku. Untuk mengurangi risiko infeksi tersebut, tidak ada yang lebih baik dari pada minyak pohon teh.

Karena sifat antijamur, antibakteri, antiseptik dan antiinflamasinya yang kuat, minyak pohon teh mampu membantu melawan mikroorganisme dan jamur yang menyebabkan infeksi kuku.

Masukkan 5 atau 6 tetes minyak pohon teh ke dalam wadah kecil atau mangkuk yang berisi air hangat. Rendam kuku Anda dalam air tersebut selama 15 menit, lalu tepuk kering sampai bersih. Lakukan ini dua kali sehari.

Sebagai alternatif, campurkan 1 sendok makan minyak kelapa dan 5 tetes minyak pohon teh. Rendam bola kapas ke dalam campuran tersebut dan oleskan ke seluruh kuku Anda. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi 2 atau 3 kali sehari.

Neem

Neem, mampu digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah kuku, termasuk psoriasis kuku. Ini memiliki kandungan antijamur dan antiseptik yang dapat mengobati serta mencegah infeksi jamur menyebar.

  • Haluskan beberapa daun nimba dengan sedikit air. Tambahkan setengah sendok teh bubuk kunyit. Hasilnya oleskan pada kuku dan biarkan selama 1 jam. Bilas dengan air hangat, lalu pastikan kuku dan area sekitarnya kering. Gunakan ini sekali sehari.
  • Sebagai alternatif, gunakan bola kapas untuk mengoleskan sedikit minyak nimba ke kuku Anda sebelum tidur. Biarkan pada semalaman. Keesokan paginya, bilas dengan air hangat. Ulangi setiap hari.

Cuka apel

Cuka sari apel adalah obat yang baik untuk psoriasis kuku.

Ini membantu memulihkan keseimbangan pH alami kulit dan mencegah infeksi jamur. Pula, ini membantu mencegah infeksi menyebar dan meredakan gejalanya.

  • Campur 1 sendok teh cuka sari apel organik dalam segelas air dan minumlah dua kali sehari.
  • Selain itu, campurkan sedikit cuka sari apel ke dalam air hangat. Rendam kuku Anda dalam air campur cuka sari apel tersebut selama 10 sampai 15 menit. Setelah selesai, keringkan kuku Anda dengan saksama. Lakukan ini setiap hari selama beberapa minggu.

Ini dapat menjadi kiat-kiat Anda untuk merawat dan mengatasi kondisi kuku yang mengalami psoriasis. Ingat juga konsumsi makanan-makanan sehat, seperti makanan kaya akan asam lemak, sertakan makanan kaya akan seng, makan lebih banyak roti gandum, beras merah, sereal, dan oatmeal.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.