10 Cara Mengobati Infeksi Kandung Kemih atau Sistitis Secara Alami

Masalah kesehatan infeksi kandung kemih (sistitis) biasanya terjadi pada wanita, tapi tidak menutup pula terjadi pada pria. Kondisi ini walau sering kali tidak timbulkan masalah serius, tapi bila tidak segera diobati dengan benar akan sebabkan komplikas, seperti infeksi ginjal. Untuk membantu mempercepat penyembuhan di tulisan ini terdapat 10 cara mengobati infeksi kandung kemih atau sistitis secara alami yang bisa Anda lakukan.

Hanya itu komplikasi dari infeksi kandung kemih? Tidak, bila pengobatan tidak dilakukan dengan benar dan segera komplikasi lain bisa terjadi seperti perdarahan saluran kemih. Untuk gejala dari sistitis ini sendiri bisa menganggu aktivitas sehari-hari, semisal sering buang air kecil, merasakan sensasi panas ketika buang air kecil, dan urine keruh dan berbau tajam.

Di tulisan ini pula direkomendasikan sebuah produk obat herbal yang bisa menjadi cara mengobati infeksi kandung kemih, tanpa harus susah-susah mengolah bahan alami. Produk tersebut merupakan gabungan beberapa bahan alami, dengan teripang emas sebagai bahan dominannya.

Infeksi Kandung Kemih atau Sistitis

cara mengobati infeksi kandung kemih

Sistitis adalah istilah medis untuk menggambarkan peradangan yang terjadi di kandung kemih. Sebagian besar kasus sistitis disebabkan oleh infeksi bakteri, ini disebut pula infeksi kandung kemih. Kondisi ini dapat sebabkan rasa sakit dan akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Dan ini dapat menjadi masalah kesehatan serius bila infeksi menyebar ke organ ginjal.

Pada kasus yang jarang sistitis ini bisa disebabkan oleh reaksi obat-obatan tertentu, dampak terapi radiasi, atau penggunaan kateter jangka panjang. Sistitis pula dapat terjadi sebagai komplikasi penyakit lain.

Pengobatan untuk sistitis ini biasanya menggunakan antibiotik. Walau demikian, tergantung dari penyebab yang mendasari sistitis ini sendiri.

Gejala dari sistitis

Tanda-tanda dan gejala sistitis yang paling sering terjadi.

  • Meningkatnya rasa ingin berkemih dan terus-menerus
  • Sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Sering buang air kecil dalam jumlah kecil
  • Terdapat darah dalam urine
  • Urine berwarna tidak normal atau berbau tajam
  • Nyeri panggul
  • Perasaan tertekan di perut bagian bawah
  • Demam ringan

Kapan mesti ke dokter?

Temui ahli medis segera bila Anda memiliki tanda dan gejala dari gejala infeksi ginjal, termasuk:

  • Nyeri punggung atau di samping punggung
  • Demam
  • Mual dan muntah

Atau mungkin bila merasakan desakan untuk sering buang air kecil atau terasa menyakitkan selama beberapa jam atau lebih atau mungkin mendapati darah dalam urine, segera temui dokter.

Penyebab sistitis

Infeksi saluran kemih terjadi akibat bakter dari luar tubuh memasuki saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak. dan sebagian besar kasus sistitis ini disebabkan oleh sejenis bakteri Escherichia coli (E. coli).

Infeksi kandung kemih akibat bakteri ini dapat terjadi pada wanita sebagai akibat dari hubungan seksual. Namun, perempuan yang tidak aktif secara seksual pun dapat rentan terhadap infeksi kandung kemih ini. Sebab area genital wanita sering menjadi tempat berkembangnya bakteri yang bisa sebabkan sistitis.

Komplikasi yang mungkin terjadi

Ketika infeksi kandung kemih atau sistitis ini diobati dengan benar dan segera, komplikasi jarang terjadi. Tapi bila tidak demikian, penderita bisa mengalami kondisi yang amat serius.

Komplikasi dari sistitis ini adalah infeksi ginjal dan darah dalam urine.

10 Cara Mengobati Infeksi Kandung Kemih Dengan yang Alami

Terdapat 10 metode yang mampu menjadi obat untuk mengatasi infeksi kandung kemih. Kesemuanya tersebut menggunakan bahan alami atau bahan yang mudah didapatkan. Disertai pula saran untuk melakukan perubahan gaya hidup.

Kompres hangat

Menempelkan kompres hangat pada perut bagian bawah (tepat di bagian kandung kemih) merupakan cara sederhana dan efektif untuk mengurang bengkak di kandung kemih, yang merupakan gejala dari sistitis.

Dan bila menurut rekomendasi dokter kompres dingin dan hangat bisa membantu mengurangi gejala dari sistitis. Aktivitas kompres tersebut dapat membantu mengatasi radang dan rasa sakit. Ketika dinding kandung kemih mengalami rasa sakit, kompres hangat membantu mengurangi kejang otot dala kandung kemih. Caranya:

  • Bungkus botol/kantung yang berisi air hangat dengan kain
  • Tempelkan pada perut bagian bawah selama 5 menit
  • Angkat kembali, diamkan selama 5 menit, lalu kembali tempelkan
  • Lakukan ini selama 20 menit
  • Ulangi 2 atau 3 kali sehari, atau kapan pun ketika Anda merasa sakit di area kandung kemih

Bisa pula mengoleskan minyak jarak hangat pada perut bagian bawah, sebelum melakukan kompres.

Soda kue

Soda kue dapat menjadi obat rumahan yang amat efektif untuk mengatasi sistitis. Dengan bahan ini sifat basanya akan dibawa ke area kandung kemih, yang bisa membantu mengurangi tingkat asam tubuh. Jadi bisa bantu tubuh mengurangi sensasi terbakar dan gejala lainnya dari sistitis. Soda kue pula dapat mengurang risiko infeksi saluran kemih.

Dalam jurnal penelitian di NCBI berjudul Terapi Komplementer dan Alternatif Sebagai Pendekatan Pengobatan Interstisial Sistitis melaporkan bahwa alkalinisasi urine dengan soda kue telah menjadi pengobatan efektif untuk penderita sistitis. Pengobatannya:

  • Campurkan ½ hingga 1 sendok teh soda kue ke dalam segelas air dan minum 2 atau 3 kali sehari.
  • Juga, campurkan 1 cangkir soda kue ke dalam air yang akan digunakan untuk mandi. Baiknya, rendam tubuh di dalam air yang bercampur soda kue selama 10 menit. Lakukan ini sekali sehari.

Cuka sari apel

Manfaat cuka sari apel mampu tingkatkan kesehatan sistem kemih Anda. Dapat pula membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan menjaga fungsi kandung kemih. Serta membantu menjaga tingkat keseimbangan pH tubuh.

Dengan meminum cuka sari apel tubuh dapat tingkatkan pencegahan terhadap pertumbuhan bakteri yang dapat sebabkan infeksi kandung kemih. Meksipun cuka sari apel ini bersifat asam, banyak penderita sistitis yang merasakan khasiat dari mengonsumsi cuka sari apel setiap hari.

Hasil studi yang dipublikasikan tahun 2013 melaporkan bahwa penderita sistitis yang menjalankan diet, yaitu dengan minum cuka sari apel sebelum makan secara bertahap mampu membantu menurunkan gejala sistitis.

Dan pula dapat membantu cegah ISK, yang bisa memperburuk gejala sistitis. Caranya:

  • Campurkan 1 hingga 2 sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air
  • Tambahkan pula sedikit madu
  • Minum dua kali sehari hingga gejala menghilang

Perhatian: Pada beberapa orang cuka sari apel ini dapat sebabkan luka bakar di esofagus. Sehingga, obat ini mungkin tidak cocok untuk semua orang.

Lakukan senam kegel

Dengan melatih otot-otot dasar panggul bisa menjadi cara untuk mengontrol gejala-gejala sistitis. Untuk melatihnya Anda harus melakukan senam kegel. Dengan senam ini tubuh dapat meningkatkan kontrol kandung kemih dan mengurangi urgensi urine.

Agar lebih efisien bisa konsultasi dengan ahli fisik terapi untuk mengidentifikasi otot panggul yang perlu diperkuat. Penting pula untuk konsultasi ini, sebab bila salah dalam melakukan penguatan bisa sebabkan kondisi otot di panggul memburuk, demikian pula akan berdampak pada kondisi sistitis.

Hasil penelitian tahun 2001 menunjukan bahwa terapi ini dapat mengurangi tekanan pada panggul juga membantu mengurangi frekuensi gejala sistitis.

Minum lebih banyak air

Selalu suplai tubuh dengan meminum air lebih banyak, walaupun rasa ingin buang air kecil lebih sering akibat sistitis.

Penderita sistitis memiliki kecenderungan untuk membatasi asupan cairan, sehingga dapat mengurangi ketidaknyamanan dan frekuensi buang air kecil. Walau demikian penting sekali untuk penderita minum banyak air untuk mengatasi iritasi yang ada dalam urine.

Berhenti merokok

Bahan kimia berbahaya dalam rokok dapat memperburuk gejala sistitis dan bisa lebih mengiritasi kandung kemih. Ini pula dapat tingkatkan risiko terkena ISK, yang bisa memperburuk gejala dan menyulitkan pengobatan.

Peran asap rokok dalam pengembangan sistitis agak kontroversial. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa perokok memiliki peningkatan risiko 2,3 kali untuk mengembangkan gejala sistitis.

Kunyit

Kandungan dalam kunyit bermanfaat dalam mengurangi kondisi berbagai penyakit, termasuk sistitis. Senyawa kurkumin dalam kunyit bersifat anti-inflamasi, sehingga membantu mengurangi peradangan di kandung kemih.

Kunyit dikenal dapat mengatur peradangan dalam tubuh melalui aksinya pada organ hati. Yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi gejala terkait dengan sistitis. Dapat pula kunyit ini memiliki sifat antimikroba dan dapat mengurangi risiko ISK.

Masukan kunyit ke dalam segelas susu, sup, atau makanan lainnya.
Bisa juga mengonsumsi suplemen kurkumin untuk membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Untuk dosis yang tepat, baiknya konsultasikan dengan dokter.

Hindari makanan yang bisa memperburuk sistitis

Ketika menderita sistitis, penting untuk menghindari berabgai makana atau minuman yang bisa memperburuk gejala sistitis. Makanan tertentu dapat memperburuk rasa sakit dan juga mengiritasi kandung kemih.

Studi berbasis kuesioner di antara pasien IC telah melaporkan bahwa beberapa makanan dapat memperberat gejala sistitis. Makan tersebut diantaranya: makanan pedas, kopi, coklat, buah-buahan (terutama jeruk), tomat, cuka, dan makanan acar, minuman atau makanan berkafein, minuman berkarbonasi, dan alkohol. Pemanis buatan dapat memperburuk gejala pada beberapa orang.

Kelola stres

Meskipun stres bukanlah penyebab sistitis, tapi stres dapat memperburuk kondisi gejala sistitis dan picu peradangan dalam tubuh. Oleh sebab itu, untuk membantu mengelola gejala sistitis dan cegah sistitis memburuk, penting untuk mengurangi tingkat stres.

Untuk mengurangi stres, lakukan sesuatu yang santai setiap hari. Meditasi, olahraga ringan, mendengarkan musik smooth atau bahkan berenang dapat membantu melawan stres.

Akupuntur

Ini merupakan salah satu bentuk pengobatan tradisional Cina. Akupuntur dapat membantu mengurangi gejala sistitis dengan memperkuat sistem kemih dan meningkatkan fungsi kandung kemih.

Cukup banyak penderita yang sudah merasakan manfaat dari akupunktur terhadap sistitisnya. Hal yang paling menarik adalah akupunktur ini tidak memiliki efek samping.

Selama sesi akupunktur, seorang parktisi menancapkan banyak jarum tipis ke kulit di titik-titik tertentu di tubuh. Ini dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan gejala.

Dengan terapi akupunktur aktivitas penghilang rasa sakit alami dalam tubuh akan meningkat.

QnC Jelly Gamat Bisa Jadi Alternatif Pengobatan Herbal

Produk ini adalah obat herbal yang diproduksi di Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta, yaitu perusahaan lokal CV. Jogja Natural Herbal. Dibentuk dari beberapa bahan alami, yang mana bahan dominannya adalah teripang emas. Nama produknya adalah QnC Jelly Gamat.

Tahap pembuatan produk ini pastinya menggunakan peranti-peranti higienis dengan kemampuan ekstraksi berkonsentrasi tinggi. Dengan kemampuan ini bahan alami pembentuk akan dikonversikan menjadi partikel kecil  yang mampu diserap dengan mudah oleh tubuh. Sehingga proses pengobatan menjadi lebih efektif.

Dan pula menerapkan kesegaran dalam setiap bahannya. Jadi bahan-bahannya masih dalam kondisi segar ketika masuk proses produksi. Kedua hal tersebut akan membentuk kulitas terbaik terhadap nutrisi dalam QnC Jelly Gamat.

Nama Produk QnC Jelly Gamat/Jelly Gamat QnC
Komposisi Ekstrak teripang emas
Pemanis dari daun stevia
Air RO (air murni)
Pengemulsi nabati
Essen natural
Ekstrak buah dan sayuran
Ukuran perbotol 300 ml
Legalitas DEPKES P-IRT No 109321601291-1229
BPOM RI No Reg TR173301471
Diproduksi oleh CV. Jogja Natural Herbal

Kandungan nutrisi produk ini sudah teruji keamanannya pula kehalalannya. Lantaran telah dilakukan pengujian oleh DEPEKS dan BPOM RI, serta MUI sebelum dilakukan pemasaran produk.

Obat herbal ini bentuknya cairan kental dengan rasa dan aroma khas. Warnanya bening dikemas dengan botol plastik ukuran 300 ml. Kemasan botol plastiknya terbentuk atas biji plastik yang aman untuk kandungan nutrisi dalam QnC Jelly Gamat.

Aturan konsumsi QnC Jelly Gamat:

  • Bayi (minimal usia 2 bulan): 1/2 sendok teh 2 kali sehari.
  • Anak-anak: 1 sendok makan 2 kali sehari.
  • Dewasa: 2-3 sendok makan 2-3 kali sehari.

Aman dan bisa dikonsumsi oleh semua usia, mulai dari bayi (minimal usia 2 bulan), anak-anak, dewasa, dan lansia.

Khasiat dari tubuh teripang emas untuk sistitis

Terdapat kandungan beragam dalam teripang emas ini dengan kahsiat yang pula beragam. Teripang ini sudah dikenal sejak dahulu, utamanya oleh masyarakat Cina. Mereka ini menggunakan teripang emas sebagai bahan kuliner dan pula sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi ragam masalah kesehatan.

Khasiat-khasiat yang terdapat dalam teripang ini ternyata didukung oleh beberapa penelitian medis yang menyatakan bahwa teripang memang efektif untuk menangani kelompok penyakit artritis dan kanker, serta ragam masalah kesehatan lainnya.

Kemudian ada nutrisi esensial yang amat dibutuhkan tubuh, juga berguna sebagai peningkat kesehatan dan membantu tubuh dalat mengatasi penyakit, seperti vitamin A, vitamin B1/thiamine, B2/riboflavin, vitamin B3/niacin. Selain itu, masih ada berbagai mineral, seperti zat besi, seng, magnesium, dan kalsium.

Ragam protein dalam teripang dapat berperan penting dalam mengatur sistem imun tubuh, diantaranya glisin, alanin, asam glutamat, dan arginin.

Lalu sekitar 70 persen protein dalam dinding teripang emas terdiri atas kolagen yang merupakan bagian penting jaringan ikat.

Zat lainnya pula dapat meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi jaringan saraf, dan mengurangi rasa sakit seperti glikosida triterpenoid, berbagai enzim, amilosa, asam lemak, dan sitotoksin. Dan asam lemaknya penting untuk memperbaiki jaringan. Ini penting untuk mengatasi peradangan yang terjadi di kandung kemih.

Antiradang yang berasal dari organ vesikel polian dalam teripang emas mampu atasi radang, dengan meredakan gejala peradangannya di kandung kemih.

Antimikrobanya terbukti berperan sebagai agen antibakteri dan antijamur yang bisa mengatasi dan mencegah bakteri.

Cara Untuk Pesan QnC Jelly Gamat

Domisili di Tasikmalaya atau Ciamis atau daerah sekitar Tasikmalaya? Silakan datang ke tempat kami atau bisa melakukan COD (Cash On Delivery) barang kami antar ke tempat Anda agar lebih meyakinkan dan lebih aman.

Alamat Kantor:

Perumahan Wijaya permai 2 blok B No. 11 RT. 02 RW. 11 Kel. Tawang Tasikmalaya Jawa Barat Hp. 0852.2133.0085

Jika Anda berada di luar wilayah kami seluruh wilayah Indonesia bisa memesannya secara online dengan sangat mudah dan aman, CUKUP DENGAN SMS saja.

Informasi cara pemesanan yang lebih jelas dan lebih lengkapnya
silakan lihat caranya di bawah ini!

Detail Pemesanan

Nah, apabila anda berminat untuk merasakan manfaat dari QnC Jelly Gamat sebagai cara mengobati herpes secara tradisional, anda dapat memesannya kepada kami melalui SMS Ke No. 0823.2011.4649 dengan mencantumkan format seperti di bawah ini :

Lihat di bawah ini untuk ketahui cara pemesanannya.

Langkah Pertama

Sebelum melakukan pemesanan lihat harga setiap botol QnC Jelly Gamat di bawah ini.

Daftar Harga

PEMBELIAN HARGA ASLI DISKON TOTAL DISKON HARGA SETELAH DISKON
1 botol Rp155.000 Tidak ada Tidak ada Rp155.000
2 botol Rp310.000 Tidak ada Tidak ada Rp310.000
3 botol Rp465.000 Tidak ada Tidak ada Rp465.000
4 botol Rp620.000 Rp5000/botol Rp10.000 Rp600.000
5 botol Rp775.000 Rp5000/botol Rp25.000 Rp750.000
6 botol Rp930.000 Rp5000/botol Rp30.000 Rp900.000
7 botol Rp1.085.000 Rp5000/botol Rp35.000 Rp1.050.000
8 botol Rp1.240.000 Rp5000/botol Rp40.000 Rp1.200.000
9 botol Rp1.395.000 Rp7000/botol Rp63.000 Rp1.332.000
10 botol Rp1.550.000 Rp10.000/botol Rp100.000 Rp1.450.000
Pembelian lebih dari 10 botol mendapat diskon sama, yaitu Rp10.000/botol.

(Harga di atas belum termasuk ongkos kirim)

“Khusus untuk pemesanan 1 – 2 botol, kami akan memberlakukan sistem pengiriman barang terlebih dahulu, setelah barang diterima baru anda melakukan transfer pembayaran kepada kami”

Ketikan format di bawah ini:

KHIN # Jumlah Pesanan # Nama # Alamat Pemesan # No Hp/Telepon

(Wajib mencantumkan kode pemesanan KHIN)

KIRIM KE
SMS 0823.2011.4649
WhatsApp 0823.2000.0747
BBM D4ECBFE0

Contoh Pemesanan :
KHIN # 4 Botol # Ita Astita # Jl. Merdeka No. 28 Kel. Setianegara Kec. Cibeureum Kota. Tasikmalaya Jawa Barat # 0822.1713.2548

Setelah kamu mengirimkan format pemesanan lengkap seperti di atas, kami akan segera merespon dengan menginformasikan berapa total pembayaran yang harus di bayar.

Cash on Delivery

Terkait COD kami melayani secara terbatas, yaitu untuk daerah Tasikmalaya (kota/kabupaten) dan Ciamis. Adapun untuk permintaan COD kamu dapat menghubungi kami melalui kontak yang sama:

SMS 0823.2011.4649
WhatsApp 0823.2000.0747
BBM D4ECBFE0

Langkah Kedua

Untuk kamu yang memesan 1-2 botol pembayaran dilakukan setelah barang sampai di tangan kamu.

Lalu, kamu sudah mantap untuk memesan produk QnC Jelly Gamat ini, silakan lakukan pembayaran melalui transfer antar bank.

Transfer pembayaran ke rekening di bawah ini.

bca_logo.gifBank BCA KCU Tasikmalaya
No. Rekening : 054.063.9132
Atas Nama : Sapnudin


mandiri_logo.gifBank Mandiri KCP Tasikmalaya Mustofa
No. Rekening : 131-00-1034177-6
Atas Nama : Sapnudin


brii.gifBank BRI 4371 Unit Singaparna Timur
No.Rekening : 4371-01-000197-50-9
Atas Nama : Sapnudin


cimb_niaga-logoBank CIMB Tasikmalaya Cikurubuk
No. Rekening : 082-01-11413-11-4
Atas Nama : Sapnudin

 

Untuk pemesanan hari Senin sampai Jum’at sebelum jam 16.00 akan dikirim hari itu juga, namun kalau pemesanan setelah jam 16.00 akan dikirim besok harinya.

Khusus untuk hari Sabtu dan Minggu pemesanan sebelum jam 11.00 akan dikirim hari itu juga dan pemesanan setelah jam 11.00 akan dikirim esok hari.

Langkah Ketiga

Lakukanlah konfirmasi pembayaran, agar pengiriman bisa segera dilakukan. Konfirmasinya bisa lewat SMS/WA/BBM.

Ketikan format di bawah ini untuk konfirmasi pembayaran:

Nama Bank Tujuan # Nama Pemilik Rekening # No Rekening # Nominal Transfer

Contoh Konfirmasi Pembayaran :
BCA # Ita Astita # 0744039145 # 155000

KIRIM KE
SMS 0823.2011.4649
WhatsApp 0823.2000.0747
BBM D4ECBFE0

Alamat Kantor:

Sapnudin

Jl. Noenoeng Saputra, Perum Wijaya Permai 2 (dekat Balai Wiwitan) blok B No.11 Kec.Tawang Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

10 cara mengobati infeksi kandung kemih atau sistitis secara alami

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.