Cara Mengatasi Sakit Menelan Secara Alami Tanpa Bantuan Obat

Apakah Anda sedang menderita nyeri ketika menelan? Ini merupakan persoalan yang biasa masyarakat derita dan tidak memandang usia. Mungkin pula Anda merasakan rasa nyeri yang begitu menganggu di leher atau sedikit sakit di bawah tulang dada.

Rasa nyeri tersebut sering terasa seperti sensasi terbakar. Rasa sakit ini paling sering dipicu atau diperburuk oleh makanan tertentu.

Beberapa penyebab yang paling umum dari sakit saat menelan adalah flu, infeksi tenggorokan kronis, refluks asam dan tonsilitis.

Penyebab lain yang mungkin terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di leher, infeksi telinga, menelan pil besar dan menelan makanan yang bisa membuat luka di tenggorokan, semisal keripik.

Ketika merasakan rasa sakit ketika menelan, penting untuk menentukan penyebab masalahnya. Ini memungkinkan kita menangani masalah tersebut secara tepat dan segera mengatasi kondisi tersebut.

Sementara itu, Anda bisa mencoba beberapa pengobatan yang bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi rasa sakit.

Penting: Berkonsultasilah dengan dokter bila rasa nyeri tersebut dalam kondisi kronis, berat atau mengganggu aktivitas makan, minum atau bernapas. Ini mungkin merupakan tanda dari kondisi yang lebih serius.

Inilah beberapa pengobatan alami untuk menangani rasa sakit ketika menelan.

Air garam

obat alami terbaik untuk mengatasi rasa sakit ketika menelan adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Apalagi bila dengan air hangat, ini dapat memberikan efek menenangkan tenggorokan, dan garamnya akan membantu membunuh virus atau bakteri yang mungkin sebabkan infeksi tenggorokan.

Di tambah, bahwa garam bisa membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan di kelenjar getah bening di leher.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Family Practice menemukan bahwa dokter masih merekomendasikan berkumur dengan air garam untuk sakit tenggorokan.

  • Anda bisa campurkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat.
  • Berkumurlah dengan larutan air garam ini, tapi jangan menelannya.
  • Lakukan beberapa kali setiap hari selama sekitar 1 minggu.

Cuka sari apel

Apakah itu asam lambung naik, radang amandel, atau sakit tenggorokan yang sebabkan rasa sakit ketika menelan, atasi dengan cuka sari apel. Bahan alami ini merupakan obat yang sangat efektif untuk mengatasi peradangan pada saluran cerna atas.

Cuka ini pula memiliki efek antimikroba alami untuk melawan infeksi. Sebab sifatnya asam, cuka sari apel ini bisa membantu memberantas lendir dalam tenggorokan dan menghentikan penyebaran infeksi bakteri.

Jika Anda mengalami asam lambung, cuka ini dapat membantu menyeimbangkan produksi asam di lambung, yang pada akhirnya bisa mencegah kembalinya asam lambung.

  • Campurkan saja 1 hingga 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam secangkir air dan berkumurlah. Lakukan ini 3 atau 4 kali sehari.
  • Juka, tambahkan pula 1 sendok teh cuka sari apel dan 1 sendok teh madu ke dalam secangkir air hangat. Minumlah secara perlahan-lahan. Lakukan ini 2 atau 3 kali sehari.

Susu hangat campur kunyit

Meminum susu hangat yang dicampur kunyit dapat membantu meredakan pembengkakan kelenjar getah bening serta membantu mengobati radang tenggorokan dan pilek.

Ditambah pula, minuman ini memiliki anti-inflamasi serta sifat analgesik yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Selain itu, susu campur kunyit ini bisa melawan infeksi dan tingkatkan sistem kekebalan tubuh.

Campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit dan sejumput lada hitam ke dalam segelas susu hangat.

Bisa ditambah sedikit madu.

Minum dua kali sehari untuk mempercepat penyembuhan.

Lemon dan madu

Ketika menderita radang tenggorokan, pilek biasa atau radang amandel penderit akan merasakan sakit saat menelan. Vitamin C dalam lemon dapat membantu melawan bakteri yang sebabkan radang tenggorokan serta tingkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Dan madu mampu menjaga tenggorokan terhidrasi dengan baik dan redakan rasa sakit dan peradangan.

  • Campurkan saja kedua bahan alami tersebut ke dalam air hangat, masing-masing 1 sendok makan.
  • Aduk secara perlahan.
  • Minum campuran lemon dan madu ini sesering mungkin, hingga kondisi membaik.

Akar marshmallow

Akar dari tanaman Althaea ini dapat membantu penyembuhan radang di saluran cerna bagian atas yang berkaitan dengan radang amandel atau radang tenggorokan. Ketika dicampur air, akar marshmallow ini membentuk zat seperti gel yang melapisi tenggorokan dan dapat mengurangi rasa sakit.

Selain itu, ia pula dapat membantu mengatasi asam lambung, berkat sifat penawar rasa sakit dan anti-peradangannya.

  • Tambahkan saja 1 sendok makan akar marshmallow kering ke dalam setengah cangkir air yang baru mendidih.
  • Tutup cangkir tersebut dan biarkan hingga 20 menit.
  • Saring, lalu tambahkan madu. Kemudian minum.
  • Bisa diminum 3 cangkir sehari.

Peringatan: akar marshmallow ini tidak disaranakn untuk wanita hamil atau menyusui, atau obat yang menderita diabetes.

Slippery elm (Elm licin)

Elm licin ini mengandung lendir, zat seperti gel yang bisa ringankan rasa sakit, peradangan, dan rasa sakit di tenggorokan. Bahkan, elm licin ini adalah obat tradisional untuk sakit tenggorokan.

Lantaran, elm licin ini memiliki lendir yang berguna untuk meredakan sensai perih dan panas di dada, serta asam lambung.

  • Siapkan 2 cangkir berisi air yang baru mendidih, tambahkan 1 sendok teh kulit kayu dari elm licin.
  • Tutup dan biarkan hingga 5 menit.
  • Saring, dan tambahkan sedikit madu dan minum secara perlahan selagi hangat.
  • Minum 2 atau 3 kali sehari.

Jahe

Jahe dapat membantu mengurangi rasa sakit di tenggorokan yang sebabkan nyeri menelan. Dan pula memiliki sifat antivirus, ekspektoran, dan anti-inflamasi yang membantu melawan segala jenis infeksi dan rasa sakit.

  • Tambahkan 1 sendok teh jahe parut segar ke dalam secangkir air mendidih dan diamkan selama beberapa menit. Tambahkan beberapa madu dan perasan lemon. Nikmati teh jahe ini hingga 3 kali sehari.
  • Bisa pula mengonsumsi jahe parut segar dalam jumlah sedikit beberapa kali sehari.

Permen karet

Bila rasa sakit saat menelan disebabkan oleh asam lambung, coba untuk mengunyah permen karet.

Permen karet merangsan produksi air liur, yang pada gilirannya akan membersihkan asam yang terakumulasi dalam usus.

Sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam Journal of Dental Research menemukan bahwa mengunyah permen karet bebas gula selama sekitar 30 menit setelah makan dapat membantu meringankan gejala penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Cairan hangat

Mengingkatkan asupan cairan penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan melembabkan tenggorokan. Dan untuk meredakan rasa sakit ketika menelan, disarankan meminum cairan dalam kondisi hangat sebanyak mungkin.

Meminum minuman hangat bisa membantu menenangkan tenggorokan, tapi harus pula menghindari minuman berkafein, yang bisa sebabkan dehidrasi, agar gejala tidak bertambah parah.

Minuman hangat tersebut bisa ditambahkan sedikit madu.

Pelembab udara

Untuk bisa meredakan rasa sakit tenggorokan dan mengurangi nyeri ketika menelan, Anda bisa menghirup udara lembab.

Alat pelembab udara bisa meningkatkan kelembaban udara dalam ruangan dan dengan menghirup udara lembab Anda bisa meredakan radang tenggorokan dan sakit di tenggorokan.

Pastikan selalu membersihkan alat pelembab udara ketika akan digunakan, dan ganti air setiap hari agar bakteri tidak tumbuh.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.